Dyna
Di segmen ini, Toyota Dyna juga menghadapi saingan dari saudaranya sendiri, Hino Dutro. Merek lainnya yang bermain di segmen ini adalah Isuzu Elf dan Hyundai Mighty. Menurut Toyota selama 2009, mereka telah berhasil menjual Dyna, 4-ban dan 6-ban sekitar 7.800 unit atau hanya memperoleh pangsa pasar 17 persen.
Perubahan. Untuk membuktikan bahwa Toyota makin serius mengarap segmen truk ringan, pada awal 2010, diperkenalkan Dyna versi terbaru. Beberapa perubahan dilakukan, menambahkan power steering, menggunakan setir teleskopik yang bisa diset kemiringan, mengganti radiator dari tembaga ke aluminium dan sistem kelistrikan dari 24 menjadi 12 volt (agar mudah mengganti lampu-lampu sesuai dengan yang dijual di pasaran, termasuk audio). Posisi sedimenter juga dipindahkan ke tempat yang memudahkannya dibersihkan.
Warna dan motif tempat jok, posisi rem parkir (dibuat lebih rendah atau sejajar dengan tempat depan sehinggai pengemudi bisa tidur tanpa terhalang oleh rem parkir). Wajah atau penampilan Dyna juga disegarkan dengan mengganti desain dan lampu-lampu depan.
Dengan fitur baru dan penyegaran wajah, Toyota belum bisa memastikan target pasarnya. “Kita berusaha meningkatkan penjualan dengan memperbaiki layanan,” jelas Joko Trisanyoto.
Mesin. Di segmen truk ringan, faktor kapasitas mesin yang menentukan tenaga dan konsumsi bahan bakar sangat berperan untuk menarik konsumen, baik perorangan atau buat pengguna armada. Untuk Dyna, Toyota memperkenalkan dua tipe mesin dengan kapasitas sama.
Perbedaan kedua mesin pada kemampuan menghasilkan tenaga dan torsi, yang tentu saja berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Keduanya juga dilengkapi turbocharger dengan intercooler dan telah menggunakan sistem injeksi langsung.
Masing-masing mesin adalah WO4D-TR dan WO4D-TP, berkapasitas 4.000 cc namun punya kemampuan berbeda dalam tenaga dan torsi. Mesin W04D-TR mampu menghasilkan tenaga 130 PS @2.700 rpm dan torsi 38,0 kg-m @1.800 rpm. Mesin dicangkokkan untu Dyna tugas lebih berat, misalnya di perkebunan dan pertambangan dengan medan lebih berat “off-road”.
Mesin tipe W04D-TP menghasilkan 110 PS @2.800 rpm dan torsi 29,0 kgm @1.800 rpm. Versi ini dirancang untuk aplikasi yang lebih ringan dengan kompensasi konsumsi bahan bakar yang lebih irit, termasu Dyna 4-ban, baik sebagai truk ringan maupun mikrobus.
Perbedaan Varian. Kendati Dyna bisa dikonversi atau dibuat dengan berbagai bentuk dan aplikasi, namun Toyota membaginya dalam 5 varian yang berbeda mesin, transmisi, dimensi.
Kode yang digunakan sebagai pembeda, yaitu 130 menggunakan mesin WO4D-TR dan 110 mesin WOD4-TP, masing-masing menghasilkan tenaga 130 PS dan 110 PS.
Kelimanya varian tersebut adalah 130HT. Heavy Truk, 6-roda dengan tugas lebih berat di medan off-road dan 130XT, Xpress Truck untuk angkutan antar-kota.
Versi lainnya 110ET (econo truck), 110FT (fast truck) dan 110ST (small truck) 4-ban.
Interior dalam
Untuk harga selengkapnya silahkan cek di halaman price list
Spesifikasi Toyota Dyna Baru :
Tipe
| |||||
Dimensi (mm) |
130 HT
|
110ET
|
130XT
|
110FT
|
110ST
|
Panjang |
6.026
|
4.745
| |||
Lebar |
1.945
|
1.864
|
1.717
| ||
Tinggi |
2.165
|
2.150
|
2.120
| ||
Jarak sumbu roda |
3.380
|
2.530
| |||
Overhang
Depan
Belakang
| |||||
1.066
| |||||
1.580
|
1.149
| ||||
Jarak pijak
Depan
Belakang
| |||||
1.455
|
1.405
|
1.415
| |||
1.480
|
1.435
|
1.420
| |||
(GWV) (kg) |
8.250
|
7.500
|
7.500
|
7.000
|
5.200
|
Mesin
| |||||
Tipe |
W04D-TR
|
W04D-TP
|
W04D-TR
|
W04D-TP
| |
Kapasitas |
4.009 (cc)
| ||||
Diameter x langkah |
104 x 118 (mm)
| ||||
Sistem pasokan bahan bakar |
Injeksi langsung
| ||||
Pasokan udara |
Turbocharger dengan intercooler
| ||||
Daya maks. PS @rpm |
130 @2.700
|
110 @2.800
|
130 @2.700
|
110 @2.800
| |
Torsi maks. Kgm@ rpm |
30,0 @1.800
|
29,0 @1.800
|
30,0 @1.800
|
29,0 @1.800
| |
Trasmisi
| |||||
Model |
Manual 5 percepatan
| ||||
M550
|
M153
|
M550
|
M550
| ||
Perbandingan gigi | |||||
1 |
4,981
|
5,339
|
4,981
|
5,339
| |
2 |
2,911
|
2,792
|
2,911
|
2,792
| |
3 |
1.556
|
1,593
|
1.556
|
1,593
| |
4 |
1
| ||||
5 |
0,738
|
0,788
|
0,738
|
0,788
| |
Mundur |
4.625
|
5,339
|
4,625
|
5,339
| |
Gigi akhir (gardan) |
6,428
|
6,167
|
5.375
|
5,125
|
4,625
|
0 komentar:
Posting Komentar